Kamis, 14 Februari 2013

Departemen Kajian dan Strategis BEM FIP UNNES


Departemen Kajian Strategis

Departemen Kajian Strategis adalah salah satu departemen yang dinaungi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun 2013. Dept. Kastrat bertanggung jawab untuk memberikan masukan kepada BEM FIP Unnes 2013 dalam menentukan sikap terhadap isu-isu strategis, atau dengan kata lain yang sifatnya penting untuk khalayak luas. Baik yang menyangkut isu-isu intern kemahasiswaan maupun kemasyarakatan. Dalam berbagai aspek kehidupan, khusunya bidang pendidikan.
Secara tidak langsung, kajian-kajian yang dilakukan secara komprehensip dan menyeluruh oleh Dept. Kastrat akan menjadi second opinion untuk BEM FIP Unnes 2013. Hasil kajian tersebut sebagai bagian landasan dalam pernyataan sikap terhadap isu-isu perubahan sistem, kebijakan, dan sosial politik yang berkembang dalam kehidupan kampus maupun nasional.
Dengan demikian, kajian strategis mampu membangun dan mengembangkan kesadaran kritis mahasiswa dalam merespon dinamika persoalan kehidupan khususnya di bidang pendidikan. Maka, dengan ketajaman intelektual mahasiswa yang cerdas dan kritis dalam bingkai baca, diskusi dan nulis. Mampu melahirkan strategi pergerakan yang inovatif dan kreatif, sehingga gerakan kembali membumi dan mampu menciptakan perubahan positif yang nyata.

Visi:
Mengembangkan ketajaman intelektual mahasiswa yang cerdas dan kritis dalam bingkai budaya baca, diskusi dan nulis.

Misi:
1.    Menyelenggarakan forum kajian secara berkesinambungan berbasis ilmiah, santun, dan intelektual terhadap berbagai aspek kehidupan khususnya bidang pendidikan.
2.    Melakukan riset, kajian, dan analisis secara komprehensip dan menyeluruh terhadap berbagai persoalan kampus, pengembangan profesi dan kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan.
3.    Membangun dan mengembangkan kesadaran kritis mahasiswa dalam merespon perubahan sistem, kebijakan, dan sosial politik yang berkembang dalam kehidupan kampus maupun nasional.
4.    Membangun kerjasama dan jaringan dengan Departemen lain dalam BEM FIP, BEM KM Unnes, Lembaga Pendidikan dan Rumah Baca serta Taman Belajar dalam rangka mendukung kegiatan kajian keilmuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar